Skip to main content

3 Dampak Penggunaan Gadget Bagi Remaja - Orang tua wajib tahu

Dampak Penggunaan Gadget Bagi Remaja - Orang tua wajib tahu

Selamat datang sahabat di Blog Bekas Techno (BT). Dalam pada postingan kali ini BT akan membagikan artikel yang perlu anda ketahui terutama anda yang sudah berkeluarga dan punya buah hati. Karena artikel ini berkaitan dengan masa depan anak anda.

Gadget adalah salah satu teknologi yang canggih. Dengan gadget kita dapat menemukan berbagai informasi yang kita butuhkan. Selain itu, gadget juga bisa kita gunakan untuk berkomunikasi.

Pada perkembangannya kedua fungsi gadget tersebut juga mengalami perubahan yang sangat cepat.

Dalam fungsinya sebagai media untuk mencari informasi, kini telah berkembang menjadi media untuk mencari hiburan (misalnya youtube). Dan dalam fungsinya sebagai media untuk berkomunikasi, kini juga telah mengalami perkembangan yaitu dengan munculnya sosial media (misalnya facebook, twitter, dsb).

Perkembangan tersebut tentunya ada sisi positifnya dan sisi negatifnya

Berikut ini manfaat dan kerugian bagi pengguna gadget.

Manfaat penggunaan gadget :

1. Komunikasi semakin mudah dan murah

2. Mendapatkan berbagai informasi di seluruh dunia

3. Mudah mencari teman dan relasi bisnis

4. Mudah dalam berbisnis

5. Dsb

Kerugian penggunaan Gadget:

1. Banyak waktu yang terbuang

2. Merubah karakter menjadi anti sosial

3. Terancam berbagai macam penipuan

4. Menjadi malas belajar

5. Mudah frustasi.

6. Kecanduan konten negatif.

6. Dsb

Nah dari manfaat dan kerugian tersebut alangkah bijaknya anda harus mulai waspada terhadap dampak negatif yang mungkin akan terjadi. Awasi anak-anak anda ketika menggunakan gadget.

Semua konten ada di internet baik yang negatif maupun yang positif, baik konten untuk anak-anak maupun konten untuk dewasa. Semuanya bercampur menjadi satu tanpa ada pembatas. Maka dari itu anda harus ekstra hati-hati dalam menjaga buah hati anda.

Untuk lebih jelasnya anda perlu mengetahui uraian tentang dampak yang memungkinkan terjadi jika buah hati anda menggunakan gadget.

Dampak dari penggunaan gadget bagi remaja.

Ada tiga pengaruh kuat positif dan negatif yang akan kami sampaikan dalam artikel ini yaitu pengaruh pengunaan gadget terhadap kehidupan sosial, kesehatan, dan kecerdasan remaja atau anak-anak.

Dampak penggunaan gadget terhadap kehidupan sosial remaja

Setiap remaja yang menggunakan gadget akan semakin mudah bersosial dan mencari teman. Dengan munculnya berbagai macam sosial media remaja akan mudah mencari teman dan saling berkomunikasi. Dalam hal ini berarti kehidupan sosialnya berlangsung di dunia maya.

Dengan sosial media remaja lebih pede dalam bersosialisasi karena tidak perlu bertatap muka secara langsung dan harus grogi dsb. Dengan sosial media remaja juga bisa mencari teman dari berbagai daerah di seluruh pelosok negeri dan ke seluruh dunia.

Namun dengan sosial media proses sosialisasi tersebut tidak seefektif seperti halnya bersosialisasi di dunia nyata kerena bersosial melalui dunia maya tidak bertatap muka secara langsung sehingga dapat menimbulkan salah persepsi.

Efek sosialisasi tersebut dapat menimbulkan over emotion. Ketika moodnya baik maka mereka akan merasa sangat bahagia dan ketika moodnya sedang jelek maka akan merasakan kegalauan yang berlebihan.

Dampak yang paling buruk yang timbul akibat penggunaan gadget di usia yang terlalu muda adalah kecanduan. Tanda-tanda remaja sudah kecanduan gadget adalah mudahnya frustasi ketika gadgetnya bermasalah (rusak).

Dampak penggunaan gadget terhadap kesehatan remaja

Penggunaan gadget secara berlebihan akan mengancam kesehatan tubuh. Biasanya remaja suka berlama-lama bermain gadgetnya sehingga lupa makan.

Penggunaan gadget tanpa memperhatikan aturan juga sangat berbahaya terutama bagi kesehatan mata. Umumnya remaja juga tidak memperhatikan jarak baca (jarak pandang antara mata dengan gadget). Sebagian besar mereka cenderung menatap layar gadget dengan jarak yang sangat dekat melebihi jarak pandang normal.

Dampak penggunaan gadget terhadap kecerdasan remaja

Dalam poin ketiga ini remaja berada di antara dua pilihan yaitu antara cerdas dan dungu. Seperti yang telah kami singgung dalam pembuka artikel ini yaitu konten yang ada di internet bercampur menjadi satu tanpa ada pembatasnya antara konten negatif dan positif.

Maka jika buah hati anda salah melangkah maka dia akan menjadi dungu, dan jika dia benar dalam melangkah maka dia akan cerdas.

Remaja lebih suka mengakses konten-konten hiburan karena memang zonanya masih dalam zona hiburan. Namun jika mereka terlena dan terlalu lama mengakses situs hiburan, maka dia akan malas belajar dan tentunya membuat otak mereka tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Berbeda jika mereka menggunakan gadgetnya untuk belajar dan mendukung proses belajarnya, maka kecerdasan mereka akan semakin terasah dengan sendirinya.

Nah.. demikianlah pandangan tentang dampak penggunaan gadget yang bisa kami sampaikan. Sekarang giliran anda menentukan pilihan untuk buah hati anda.

Jika artikel ini bermanfaat, share ke teman-teman, sahabat, keluarga, dan kerabat dekat anda agar mereka juga tahu.

Terima kasih :)

Comments

Popular posts from this blog

Tips Buat Smartphone Aman dan Nyaman Saat Liburan

Tips Buat Smartphone Aman dan Nyaman Saat Liburan Liburan akhir tahun sudah ada didepan mata. Inilah saatnya kita menyiapkan segala perlengkapan liburan akhir tahun agar liburan tidak membosankan. Salah satu yang tidak boleh dilupakan adalah smartphone. Kita semua tahu bagaimana peran penting smartphone dalam kehidupan kita di era digital sekarang ini. Oleh karena itu penting bagi kita untuk menjaga smartphone agar dapat digunakan dengan optimal. Berikut ini beberapa tips untuk menjaga smartphone dapat digunakan dengan optimal dan dengan performa yang bagus : 1. Optimalkan Baterai Baterai merupakan komponen penting dari sebuah smartphone. Sebab, baterai merupakan daya utama dari smartphone untuk melakukan beragam tugasnya. Ada beberapa cara yang perlu dilakukan agar baterai smartphone-mu dapat bertahan lebih lama.  Beberapa cara di antaranya adalah: Mengurangi tingkat keterangan layar (brightness degree) dan nyalakan modus power saving Hindari penggu

Cara Mengatasi Smartphone yang Mati Total

Cara Mengatasi Smartphone yang Mati Total Secanggih apapun smartphone yang kalian miliki tetap memiliki kemungkinan dikemudian hari terjadi kerusakan. Apabila smartphone android kalian mati total, tidak bisa dinyalakan sama sekali itu belum tentu smartphone android kalian rusak. Mungkin saja ada penyebab kecil yang belum kalian ketahui sehingga berfikir bahwa smartphone android rusak. Sebelum memastikan bahwa android rusak, hendaknya kalian cek dulu apakah benar-benar rusak atau tidak. Mungkin saja hanya bagian sistem-nya saja yang error. Saya sendiri memiliki pengalaman mengenai smartphone android yang mati total. Pengalaman pertama karena baterai habis, alhasil selama apapun saya pencet tombol power ternyata tidak bisa hidup sama sekali. Pengalaman kedua, saat itu sedang menggunakan aplikasi tiba-tiba smartphone stuck kemudian mati dan terjadi Bootloop atau booting terus menerus hingga akhirnya hanya berwarna hitam. Namun setelah itu dapat hidup kembali dan yang saya lakukan yait

Tulisan Arab La Tahzan Innallaha Ma'ana Artinya

Bekas Techno - Kamu tentu sudah tidak asing dengan kalimat la tahzan Innallaha ma'ana . Kalimat ini berasal dari bahasa arab yaitu لا تحزن انالله معنا . Yang artinya jangan bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita. Kalimat yang sederhana tapi bermakna luar biasa. Jika kita hanya sebatas membaca saja tentu sepertinya tak ada artinya. Tapi jika kita mau meresapi tentunya akan menimbulkan efek-efek luar biasa saat menghadapi situasi yang sangat genting. Tulisan La Tahzan Innallaha Ma'ana Ayat La tahzan innallaha ma'ana merupakan bagian daripada Alquran. Kalimat ini ada di surat At-taubah ayat 40. Ayat kutipan kalimat ini menceritakan kisah Rasulullah SAW pada waktu itu. Jika kita membaca sejarah, Rasulullah SAW pernah dikejar-kejar oleh orang kafir Quraisy untuk dibunuh. Tetapi beliau yang sudah mengetahui rencana tersebut langsung keluar dari makkah bersama Abu Bakar, berencana akan pergi ke madinah. La Tahzan, Allah Selalu Bersama Kita Sebelum sampai di